Selasa, 19 Mei 2015

Mari menulis



Menulis adalah sebuah kegiatan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang mempunyai makna. Lebih jauh lagi, jika sebuah kalimat disusun maka akan menjadi sebuah pesan atau pengetahuan yang  bermakna bagi si pembaca. Banyak manfaat dari menulis. Disamping melatih diri untuk mengeluarkan unek-unek yang bisa di baca orang lain, juga dapat menghasilkan nilai ekonomis (uang) bagi mereka yang sudah menjadi penulis professional.
Pertanyaannya bagaimanakah cara agar mudah menulis?
Banyak ide atau inspirasi yang bisa menjadi bahan tulisan. Ketika kita sedang GALAU, maka dari pada pikiran ngelantur gak karuan, akan jauh lebih bermanfaat jika dituangkan dalam sebuah tulisan atau sekedar coretan dalam buku dairy. Jika sudah banyak tinggal menyusun kembali menjadi sebuah karangan yang mungkin bagi orang lain ada manfaat yang dapat di ambil. Selain itu, masalah percintaan, pertemanan, pekerjaan, keluarga, politik, social dan budaya serta agama dapat menjadi inspirasi untuk kita membuat sebuah tulisan.
Kalian tentu tahu banyak sekali orang-orang besar terlahir dari menulis. Bahkan seseorang akan lebih lama dikenang jika dia mampu menghasilkan sebuah karya tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang. Contohnya seperti Buya Hamka dengan tafsir al azharnya.
Habiburrahman El Shirazy dengan Ayat-Ayat Cintanya, JK Rowling dengan Harry Potternya, Andrea Hirata dengan Laskar Pelanginya dan bahkan seorang Nabi Muhammad pun dengan segala perilakunya yang tertuang dalam kitab-kitab hadist yang menjadi rujukan kedua bagi umat islam di seluruh dunia.
Kalian bisa menulis dengan kondisi kalian saat ini. Misalkan kondisi sekolah, teman yang menyebalkan, ataupun teman yang membuat kalian tertarik dan jatuh hati kepadanya. Namun sebagai mana lazimnya sebuah tulisan yang di publikasi. Hendaknya disebutkan sumber berita yang menjadi rujukan ataupun  kutipan jika itu menyangkut isu publik sehingga jika ada pihak yang merasa dirugikan maka kalian tinggal menunjukkan rujukan (sumber) nya.
Mari berlatih menulis mulai saat ini, siapa tau salah satu diantara kalian akan menjadi seorang penulis terkenal yang dapat menginspirasi banyak orang.
Salam menulis !

                                                                                                By Mulyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar